Senin, 14 September 2015

RPP AL-QUR'AN HADIS K-13 KELAS XII SEMESTER GANJIL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran


A.      Standar Kompetensi:
1.        Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah

B.      Kompetensi  Dasar
1.1      Mengartikan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu Membaca QS. An-Nahl :125, QS.Asy-Syu’ara’:214-216. QS. Al-Hijr:94-96  Hadits. tentang kewajiban berdakwah
§  Siswa mampu Menyebutkan makna mufradat
§  Siswa mampu Mengartikan QS. An-Nahl :125, Mengartikan QS. Asy-Syu’ara’:214-216. Hadits. Tentang kewajiban berdakwah

D.      Materi Pembelajaran :
§  QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.
§  Tiap kelompok membaca ayat ,dan masing-masing saling menyimak dan membetulkan bacaan apabila adayang kurang tepat dalam bacaannya.
§  Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat dengan tanya jawab.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  yang terkait dengan kewajiban berdakwah
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst…..

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran

A.      Standar Kompetensi:
1.        Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah

B.      Kompetensi  Dasar
1.2      Menjelaskan kandungan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang strategi berdakwah seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang dakwah kepada keraat sebagaimana terkandung dalam QS Asy-Syu’ara’: 214
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang  berdakwah dengan rendah hati seperti yang terkandung dalam QS Asy-Syu’ara’;:215-216
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang  dakwah secara terang-terangan  seperti  terkandung dalam QS Al- Hijr:94
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang perlindungan Allah kepada seorang da’i apabila mendapat tantangan  seperti  terkandung dalam QS.Al-Hijr 215-216.
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan hadits tentang balasan bagi orang yang berdasar seperti terkandung dalam hadits hadits tentang kewajiban berdakwah
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  KandunganQS. An-Nahl: 125
§  Dakwah dilaksanakan dengan hikmah, mau’idhah hasanah dan mujadalah yang baik.
§  QS. Asy-Syu’ara: 214 - 216; dakwah Nabi kepada kerabat dan keluarga dekat.
§  QS. Al-Hijr: 94-96: Dakwah Nabi secara terang-terangan kepada kaum musyrikin Makkah.
§  Hadits tentang kewajiban berda’wah .Orang yang berdakwah dengan ihlas akan mendapat limpahan pahala yang berlipat ganda

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Menggali nformasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat tentang berkompetisi dalam kebaikan dari  berbagai sumber belajar.
§  Membahas satu persatu kandungan QS. Al Baqarah :148; QS. Al Fatir : 32 dan  QS. An Nahl : 97
§  dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst…..

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran


A.      Standar Kompetensi:
1.        Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah

B.      Kompetensi  Dasar
1.3      Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS. An-Nahl 125 ; QS. Asy Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang melaksanakan dakwah dengan strategi bil hikmah, mau’idhah hasanah, dan mujadalah(dialog) seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125.
§  Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari lingkungan keluarga  seperti terkandung dalam QS. QS. Asy-Syu’ara: 214-216,
§  Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah secara terang-terangan di masyarakat  seperti  terkandung dalam QS Al-Hijr 94-96
§  Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari masalah yang paling sederhana dan kecil di lingkungan keluarga dan masyarakat seperti terkandung dalam hadits tentang kewajiban berdakwah
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  QS. An-Nahl: 125
§  QS. Asy-Syu’ara: 214-216
§  QS Al-Hijr: 94-96
§  hadits tentang kewajiban berda’wah

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan
§  Siswa dibagi 7 kelompok(sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas)
§  Guru menyampaikan beberapa gambaran tentang pribadi orang yang berdakwah.
§  Guru membagikan tugas yang harus diselesaikan masing-masing kelompok dengan permasalahan yang berbeda.
§  Semua siswa memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau mengingat kembali tokoh yang diidolakan berdasarkan pengalaman yang pernah dialami/dilihat  di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang melaksanakan dakwah
§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang melakukan kegiatan untuk dakwah
§  Mengambil kesepakatan untuk memainkan peran cara berdakwah sesuai dengan tugas yang diberikan kepada kelompok
§  Perwakilan dari kelompok secara bergantian dengan kelompok lain memainkan peran seorang da’i.
§  Feed back diberikan kepada pemeran dari kelompok lain
§  Diskusi kelas tentang pengalaman terhadap peran tersebut.
§  Guru memberi ulasan terakhir mengenai inti pembahasan materi
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst…..

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§  Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran


A.      Standar Kompetensi:
1.        Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah

B.      Kompetensi  Dasar
1.4      Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96; dan hadits tentang berda’wah dalam kehidupan sehari-hari

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu Melaksanakan dakwah secara bijaksana.
§  Siswa mampu Melaksanakan dakwah bil hal dengan berakhlak mulia.
§  Siswa mampu Melaksanakan dakwah billisan(dengan memberikan taushiyah)
§  Siswa mampu Melaksanakan dakwah bil maal(shodaqah secara spontanitas secara ikhlas meskipun sedikit)
§  Siswa mampu Melaksanakan dakwah bil af’al(menjadi penggerak’memprakarsai kegiatan) sosial yang bermanfaat.
§  Siswa mampu Mengubah perilaku pribadi menjadi lebih baik
§  Siswa mampu Melaksanakan dakwah dengan tahapan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat
§  Siswa mampu Memerikan ceramah/kultum
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan Inti
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari   QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai kewajiban berdakwah
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst…..

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§  Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran


A.      Standar Kompetensi:
2.        Memahami  ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

B.      Kompetensi  Dasar
2.1      Mengartikan QS  At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu Membaca QS. At-Tahrim:6. QS. Thaha: 132.  QS. Al-An’am:70.  QS..An-Nisa’:36. QS.Huud :117-119, dan Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
§  Siswa mampu Menyebutkan makna mufradat
§  Siswa mampu Mengartikan QS. At-Tahrim:6. QS. Thaha: 132.  QS. Al-An’am:70.  QS..An-Nisa’:36. QS.Huud :117-119, dan Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  QS  At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi


F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
§  Tiap kelompok membaca ayat ,dan masing-masing saling menyimak dan membetulkan bacaan apabila adayang kurang tepat dalam bacaannya.
§  Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat dengan tanya jawab.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat dan hadits yang terkait dengan   tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst…..

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran

A.      Standar Kompetensi:
2.        Memahami  ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

B.      Kompetensi  Dasar
2.2      Menjelaskan kandungan QS  At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132; QS. al-An’am: 70; QS.An-Nisa’ :36 dan QS. Hud: 117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang kewajiban manusia untuk menjaga diri dan keluarganya agar terhindar dari siksa api neraka seperti terkandung dalam QS. At-Tahrim:6
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah untuk menegakkan sholat dan saar dalam l sebagaimana terkandung dalam QS Thaha:132
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang  perintah meninggalkan orang yang menjadikan agama seagai permainan  seperti yang terkandung dalam QS Al-An’am’70
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang  Kewajiban manusia menyembah Allah dan berbuat aik kepada sesama manusia seperti  terkandung dalam QS  An-Nisa’:36
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang kekuasaan Allah untuk menjadikan umat yang satu atau membinasakannya  seperti  terkandung dalam  QS.Huud:117-119
§  Siswa mampu Menjelaskan kandungan hadits tentang  kewajiban yang harus dilaksanakan manuisia  seperti  terkandung dalam hadits tentang tanggung jawab manusia
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  QS  At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132.
§  Allah memerintahkan orang mukmin, terutama orang tua untuk menjaga diri-nya sendiri, keluarga, dan anaknya dari api neraka
§  QS. Al-An’am: 70 Allah memerintahkan kaum muslimin agar meninggalkan orang-orang yang menjadikan agama-Nya sebagai permainan.
§  QS.An-Nisa’ :36 Kewajiban manusia Menyembah Allah Berbakti kepada orang tua, berbuat baik kepada sesama manusia. Menjauhkan dari sifat yang tidak baik.
§  QS.Hud:117-119 Allah SWt tidak akan membinasakan suatu negeri selama penduduk negeri itu masih berbuat kebaikan.
§  Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi


F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat dari berbagai sumber belajar.
§  Membahas satu persatu kandungan QS  At-Tahrim: 6,QS. Thaha: 132; QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat  dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst…..

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran



A.      Standar Kompetensi:
2.        Memahami  ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

B.      Kompetensi  Dasar
2.3      Mengidentifikasi  perilaku orang yang mengamalkn QS  At-Tahrim: 6,QS. Thaha 132; S. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang menanamkan pendidikan agama dalam keluarga.
§  Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang  melaksanakan  perintah sholat dan sabar dalam lingkungan keluarganya.
§  Siswa mampu Menunjukkan perilaku   meninggalkan  orang yang mempermainkan agama dan memperingatkannya dengan berpedoman al-Qiur’an.
§  Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang  menyembah Allah dan tidak menyekutukannya, berbakti kepada orang tua, dan berbuat baik kepada sesama manusia
§  Siswa mampu Menunjukkan akibat perilaku orang yang  berbuat kedholiman dan memberikan keselamatan bagi yang beramal shalih.
§  Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang bertnggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  Contoh perilaku orang yang mengamalkan QS  At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang bertanggung jawab kepada keluarga dan masyarakat.
§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang bertanggung jawab kepada keluarga dan masyarakat
§  Mengambil kesim-pulan setelah berdis-kusi mengenai contoh perilaku orang yang  bertanggung jawab kepada keluarga dan masyarakat
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst…..

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran


A.      Standar Kompetensi:
2.        Memahami  ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

B.      Kompetensi  Dasar
2.4      Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS  At-Tahrim: 6,QS. Thaha: 132; QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu Menanamkan pendidikan agama dan membiasakannya sedini mungkin dalam lingkungan keluarga.
§  Siswa mampu Membiasakan seluruh anggota keluarga untuk mendidirikan sholat secara disiplin.dan sabar
§  Siswa mampu Memberikan peringatan kepada orang yang melanggar syariat /ajaran agama Islam dengan berpedoman pada al-Qur’an
§  Siswa mampu Mempertahankan diri agar tidak terpengaruh dengan perilaku orang yang mempermainkan ajaran agama
§  Siswa mampu Melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangan-nya dengan meng-Esakan-Nya.
§  Siswa mampu Melaksanakan ibadah secara istikomah
§  Siswa mampu Berrbakti kepada kedua orang tua dan bersikap sopan santun kepadanya.
§  Siswa mampu Melaksanakan silaturrahmi kepada kerabat, teman dekat dan jauh.
§  Siswa mampu Berakhlak yang baik kepada  anak yatim, fakir miskin dan memerdekakan hamba sahaya.
§  Siswa mampu Berbuat baik kepada sesama manusia dimanapun dan kapanpun selama untuk menjunjung ajaran agama Allah.
§  Siswa mampu Melakukan perbuatan yang membawa kemaslahatan.
§  Siswa mampu Melaksanakan tugas seseuai dengan tanggung jawab masing-masing.(sebagai, pemimpin, guru, siswa, anak, orang tua, dan sebagai hamba Allah)
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  Penerapan tanggung jawa manusia  terhadap keluarga dan masyarakat seperti terkandung dalam QS  At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan Inti
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari QS  At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan  masyarakat
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst…..

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran


A.      Standar Kompetensi:
3.        Memahami ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

B.      Kompetensi  Dasar
3.1      Mengartikan  QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa dapat Membaca QS. Al-Maidah:8-10. QS. An-Nahl :90-92. QS. An-Nisa’: 105. Hadits. tentang berlaku adil dan jujur
§  Menyebutkan makna mufradat
§  Mengartikan QS. Al-Maidah:8-10. QS. An-Nahl :90-92. QS. An-Nisa’: 105. Hadits. tentang berlaku adil dan jujur
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl ::90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal tentang berlaku adil dan jujur

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok, maksimal  4 orang dalam kelpk.
§  Tiap kelompok membaca ayat, dan saling menyimak dan membetulkan bacaan
§  Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat dengan tanya jawab.
§  Secara berpasangan siswa saling menyi-mak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  dan hadits berlaku adil dan jujur
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran


A.      Standar Kompetensi:
3.        Memahami ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

B.      Kompetensi  Dasar
3.2      Menjelaskan kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa dapat Menjelaskan kandungan ayat tentang menegakkan kebenaran karena Allah dan menjadi saksi yang adil  seperti terkandung dalam QS. Al-Maidah :8-10
§  Siswa dapat Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat  sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
§  Siswa dapat Menjelaskan kandungan ayat tentang  larangan melakukan perbuatan keji, munkar dan permusuhan  seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:90.
§  Siswa dapat Menjelaskan kandungan ayat tentang  perinatah menepati janji dan sumpah seperti  terkandung dalam QS An-Nahl:91-92.
§  Siswa dapat Menjelaskan kandungan ayat tentang Keharusan berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum. seperti  terkandung dalam  QS.An-Nisa’:105.
§  Siswa dapat Menjelaskan kandungan hadits tentang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  Kandungan QS.al-Maidah: 8-10; Perintah menegak-kan kebenaran dan menjadi saksi yang adil
§  QS.An-Nahl:90- 92 Tiga perintah yang harus dikerjakan: Adil, ihsan dan memberi kepada keluarga  dekat.  Tiga larangan: berbuat keji, munkar dan permusuhan
§  QS An-Nisa’: 105 Keharusan berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum.
§  Hadits tentang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal tentang berlaku adil dan jujur
o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat tentang berlaku adil dan jujur dari  berba-gai sumber belajar.
§  Membahas satu persatu kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur. dengan tanya jawab      dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran



A.      Standar Kompetensi:
3.        Memahami ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

B.      Kompetensi  Dasar
3.3      Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang  menegakkan kebenaran karena Allah dan menjadi saksi yang adil  seperti terkandung dalam QS. Al-Maidah: 8-10
§  Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat  sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
§  Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang meninggalkan perbuatan keji, munkar dan permusuhan  seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:90.
§  Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang menepati janji dan sumpah seperti  terkandung dalam QS An-Nahl:91-92.
§  Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum seperti  terkandung dalam QS. an-Nisa’:105
§  Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  Contoh perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal tentang berlaku adil dan jujur
o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang berlaku adil dan jujur  secara berkelompok berdiskusi
§  Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh perilaku orang yang  berlaku adil dan jujur
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran



A.      Standar Kompetensi:
3.        Memahami ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

B.      Kompetensi  Dasar
3.4      Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti terkndung dalam QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa dapat Mempertahankan kebenaran karena Allah
§  Siswa dapat Memberikan kesaksian secara adil dan jujur.
§  Siswa dapat Melaksanakan kewajiban secara disiplin.
§  Siswa dapat Melakukan perbuatan ihsan kepada siapaun dan dimanapun.
§  Siswa dapat Memberikan hak kepada kerabat dekat
§  Siswa dapat Meningglkan perbuatan-perbuatan keji, munkar, dan permusuhan.
§  Siswa dapat Menepati janji dan sumpah yang telah diucapkan.
§  Siswa dapat Melaksanakan amanah yang baik.
§  Siswa dapat Tidak bersifat khianat
§  Siswa dapat Meningkatkan keyakinan adanya balasan bagi orang yang berbuat baik
§  Siswa dapat Meyakini adanya siksa bagi orang yang berbuat buruk
   
D.      Materi Pembelajaran :
§  QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal tentang berlaku adil dan jujur
o   Kegiatan Inti
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dan hadits dari QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai Berlaku adil dan jujur
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar