RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
1. Memahami
ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengartikan
QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang
kewajiban berda’wah
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu Membaca QS. An-Nahl :125, QS.Asy-Syu’ara’:214-216.
QS. Al-Hijr:94-96 Hadits. tentang
kewajiban berdakwah
§ Siswa mampu Menyebutkan makna mufradat
§ Siswa mampu Mengartikan QS. An-Nahl :125, Mengartikan
QS. Asy-Syu’ara’:214-216. Hadits. Tentang kewajiban berdakwah
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216,
Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan
dakwah
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.
§ Tiap kelompok membaca ayat ,dan masing-masing
saling menyimak dan membetulkan bacaan apabila adayang kurang tepat dalam
bacaannya.
§ Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat
dengan tanya jawab.
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan kewajiban berdakwah
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir
Thala’al Badru dst…..
G.
Sumber
Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka
Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
1. Memahami
ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan
kandungan QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan
Hadits tentang kewajiban berdakwah
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang
strategi berdakwah seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang
dakwah kepada keraat sebagaimana terkandung dalam QS Asy-Syu’ara’: 214
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat
tentang berdakwah dengan rendah hati
seperti yang terkandung dalam QS Asy-Syu’ara’;:215-216
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat
tentang dakwah secara
terang-terangan seperti terkandung dalam QS Al- Hijr:94
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang
perlindungan Allah kepada seorang da’i apabila mendapat tantangan seperti
terkandung dalam QS.Al-Hijr 215-216.
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan hadits
tentang balasan bagi orang yang berdasar seperti terkandung dalam hadits hadits
tentang kewajiban berdakwah
D.
Materi
Pembelajaran :
§ KandunganQS. An-Nahl: 125
§ Dakwah dilaksanakan dengan hikmah, mau’idhah
hasanah dan mujadalah yang baik.
§ QS. Asy-Syu’ara: 214 - 216; dakwah Nabi kepada
kerabat dan keluarga dekat.
§ QS. Al-Hijr: 94-96: Dakwah Nabi secara
terang-terangan kepada kaum musyrikin Makkah.
§ Hadits tentang kewajiban berda’wah .Orang yang
berdakwah dengan ihlas akan mendapat limpahan pahala yang berlipat ganda
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan
dakwah
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Menggali nformasi mengenai penjelasan atau
tafsir dari ayat tentang berkompetisi dalam kebaikan dari berbagai sumber belajar.
§ Membahas satu persatu kandungan QS. Al Baqarah
:148; QS. Al Fatir : 32 dan QS. An Nahl
: 97
§ dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah
masing-masing kelompok presintasi
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir
Thala’al Badru dst…..
G.
Sumber
Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka
Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
1. Memahami
ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. An-Nahl
125 ; QS. Asy Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban
berdakwah
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang
melaksanakan dakwah dengan strategi bil hikmah, mau’idhah hasanah, dan
mujadalah(dialog) seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125.
§ Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang
melaksanakan dakwah dimulai dari lingkungan keluarga seperti terkandung dalam QS. QS. Asy-Syu’ara:
214-216,
§ Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang
melaksanakan dakwah secara terang-terangan di masyarakat seperti
terkandung dalam QS Al-Hijr 94-96
§ Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang
melaksanakan dakwah dimulai dari masalah yang paling sederhana dan kecil di
lingkungan keluarga dan masyarakat seperti terkandung dalam hadits tentang
kewajiban berdakwah
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS. An-Nahl: 125
§ QS. Asy-Syu’ara: 214-216
§ QS Al-Hijr: 94-96
§ hadits tentang kewajiban berda’wah
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan
dakwah
o
Kegiatan
§ Siswa dibagi 7 kelompok(sesuai dengan pokok
permasalahan yang akan dibahas)
§ Guru menyampaikan beberapa gambaran tentang
pribadi orang yang berdakwah.
§ Guru membagikan tugas yang harus diselesaikan
masing-masing kelompok dengan permasalahan yang berbeda.
§ Semua siswa memperhatikan tayangan melalui
sumber media audio visual atau mengingat kembali tokoh yang diidolakan
berdasarkan pengalaman yang pernah dialami/dilihat di lingkungan masyarakat mengenai perilaku
orang yang melaksanakan dakwah
§ Secara berkelompok berdiskusi mengenai
perilaku orang yang melakukan kegiatan untuk dakwah
§ Mengambil kesepakatan untuk memainkan peran
cara berdakwah sesuai dengan tugas yang diberikan kepada kelompok
§ Perwakilan dari kelompok secara bergantian
dengan kelompok lain memainkan peran seorang da’i.
§ Feed back diberikan kepada pemeran dari
kelompok lain
§ Diskusi kelas tentang pengalaman terhadap
peran tersebut.
§ Guru memberi ulasan terakhir mengenai inti
pembahasan materi
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir
Thala’al Badru dst…..
G.
Sumber
Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka
Panjimas
§ Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
1. Memahami
ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah
B.
Kompetensi Dasar
1.4 Menerapkan
strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS. An-Nahl: 125; QS.
Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96; dan hadits tentang berda’wah dalam
kehidupan sehari-hari
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu Melaksanakan dakwah secara
bijaksana.
§ Siswa mampu Melaksanakan dakwah bil hal dengan
berakhlak mulia.
§ Siswa mampu Melaksanakan dakwah
billisan(dengan memberikan taushiyah)
§ Siswa mampu Melaksanakan dakwah bil
maal(shodaqah secara spontanitas secara ikhlas meskipun sedikit)
§ Siswa mampu Melaksanakan dakwah bil
af’al(menjadi penggerak’memprakarsai kegiatan) sosial yang bermanfaat.
§ Siswa mampu Mengubah perilaku pribadi menjadi
lebih baik
§ Siswa mampu Melaksanakan dakwah dengan tahapan
dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat
§ Siswa mampu Memerikan ceramah/kultum
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216,
Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan
dakwah
o
Kegiatan Inti
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan masing
–masing ayat dari QS. An-Nahl: 125; QS.
Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai kewajiban berdakwah
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al
Badru dst…..
G.
Sumber
Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka
Panjimas
§ Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Mengartikan
QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS.
Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung
jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu Membaca QS. At-Tahrim:6. QS.
Thaha: 132. QS. Al-An’am:70. QS..An-Nisa’:36. QS.Huud :117-119, dan Hadits
tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
§ Siswa mampu Menyebutkan makna mufradat
§ Siswa mampu Mengartikan QS. At-Tahrim:6. QS.
Thaha: 132. QS. Al-An’am:70. QS..An-Nisa’:36. QS.Huud :117-119, dan Hadits
tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS
At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan
QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan
dakwah
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
§ Tiap kelompok membaca ayat ,dan masing-masing
saling menyimak dan membetulkan bacaan apabila adayang kurang tepat dalam
bacaannya.
§ Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat
dengan tanya jawab.
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat dan hadits yang terkait
dengan tanggung jawab manusia terhadap
keluarga dan masyarakat
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir
Thala’al Badru dst…..
G.
Sumber
Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka
Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan
kandungan QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha:
132; QS. al-An’am: 70; QS.An-Nisa’ :36 dan QS. Hud: 117-119 dan hadits tentang
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang
kewajiban manusia untuk menjaga diri dan keluarganya agar terhindar dari siksa
api neraka seperti terkandung dalam QS. At-Tahrim:6
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang
perintah untuk menegakkan sholat dan saar dalam l sebagaimana terkandung dalam
QS Thaha:132
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat
tentang perintah meninggalkan orang yang
menjadikan agama seagai permainan
seperti yang terkandung dalam QS Al-An’am’70
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat
tentang Kewajiban manusia menyembah
Allah dan berbuat aik kepada sesama manusia seperti terkandung dalam QS An-Nisa’:36
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan ayat tentang
kekuasaan Allah untuk menjadikan umat yang satu atau membinasakannya seperti
terkandung dalam QS.Huud:117-119
§ Siswa mampu Menjelaskan kandungan hadits
tentang kewajiban yang harus
dilaksanakan manuisia seperti terkandung dalam hadits tentang tanggung
jawab manusia
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS
At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132.
§ Allah memerintahkan orang mukmin, terutama
orang tua untuk menjaga diri-nya sendiri, keluarga, dan anaknya dari api neraka
§ QS. Al-An’am: 70 Allah memerintahkan kaum
muslimin agar meninggalkan orang-orang yang menjadikan agama-Nya sebagai
permainan.
§ QS.An-Nisa’ :36 Kewajiban manusia Menyembah
Allah Berbakti kepada orang tua, berbuat baik kepada sesama manusia. Menjauhkan
dari sifat yang tidak baik.
§ QS.Hud:117-119 Allah SWt tidak akan
membinasakan suatu negeri selama penduduk negeri itu masih berbuat kebaikan.
§ Hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap
keluarga dan masyarakat
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Menggali informasi mengenai penjelasan atau
tafsir dari ayat tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat dari berbagai sumber belajar.
§ Membahas satu persatu kandungan QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha: 132; QS. Al-An’am:
70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia
terhadap keluarga dan masyarakat dengan
tanya jawab dan diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah
masing-masing kelompok presintasi
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir
Thala’al Badru dst…..
G.
Sumber
Belajar :
§
Buku pelajaran siswa
§
Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§
Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta,
Pustaka Panjimas
§
M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§
Referensi perpustakaan
§
Internet
§
Lingkungan sosial
§
Media audio visual
§ Media cetak
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
B.
Kompetensi Dasar
2.3 Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkn QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha 132; S. Al-An’am:
70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia
terhadap keluarga dan masyarakat
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang
menanamkan pendidikan agama dalam keluarga.
§ Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang
yang melaksanakan perintah sholat dan sabar dalam lingkungan
keluarganya.
§ Siswa mampu Menunjukkan perilaku meninggalkan
orang yang mempermainkan agama dan memperingatkannya dengan berpedoman
al-Qiur’an.
§ Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang
yang menyembah Allah dan tidak
menyekutukannya, berbakti kepada orang tua, dan berbuat baik kepada sesama
manusia
§ Siswa mampu Menunjukkan akibat perilaku orang
yang berbuat kedholiman dan memberikan
keselamatan bagi yang beramal shalih.
§ Siswa mampu Menunjukkan perilaku orang yang
bertnggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Contoh perilaku orang yang mengamalkan QS At-Tahrim: 6, QS. Thaha: 132;QS. Al-An’am:
70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia
terhadap keluarga dan masyarakat
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan
dakwah
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Memperhatikan tayangan melalui sumber media
audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang
yang bertanggung jawab kepada keluarga dan masyarakat.
§ Secara berkelompok berdiskusi mengenai
perilaku orang yang bertanggung jawab kepada keluarga dan masyarakat
§ Mengambil kesim-pulan setelah berdis-kusi
mengenai contoh perilaku orang yang
bertanggung jawab kepada keluarga dan masyarakat
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir
Thala’al Badru dst…..
G.
Sumber
Belajar :
§
Buku pelajaran siswa
§
Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§
Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta,
Pustaka Panjimas
§
M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§
Referensi perpustakaan
§
Internet
§
Lingkungan sosial
§
Media audio visual
§ Media cetak
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
B.
Kompetensi Dasar
2.4 Menerapkan
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung
dalam QS At-Tahrim: 6,QS. Thaha: 132;
QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung
jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu Menanamkan pendidikan agama dan
membiasakannya sedini mungkin dalam lingkungan keluarga.
§ Siswa mampu Membiasakan seluruh anggota
keluarga untuk mendidirikan sholat secara disiplin.dan sabar
§ Siswa mampu Memberikan peringatan kepada orang
yang melanggar syariat /ajaran agama Islam dengan berpedoman pada al-Qur’an
§ Siswa mampu Mempertahankan diri agar tidak
terpengaruh dengan perilaku orang yang mempermainkan ajaran agama
§ Siswa mampu Melaksanakan perintah Allah dan
meninggalkan larangan-nya dengan meng-Esakan-Nya.
§ Siswa mampu Melaksanakan ibadah secara
istikomah
§ Siswa mampu Berrbakti kepada kedua orang tua
dan bersikap sopan santun kepadanya.
§ Siswa mampu Melaksanakan silaturrahmi kepada
kerabat, teman dekat dan jauh.
§ Siswa mampu Berakhlak yang baik kepada anak yatim, fakir miskin dan memerdekakan
hamba sahaya.
§ Siswa mampu Berbuat baik kepada sesama manusia
dimanapun dan kapanpun selama untuk menjunjung ajaran agama Allah.
§ Siswa mampu Melakukan perbuatan yang membawa
kemaslahatan.
§ Siswa mampu Melaksanakan tugas seseuai dengan
tanggung jawab masing-masing.(sebagai, pemimpin, guru, siswa, anak, orang tua,
dan sebagai hamba Allah)
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Penerapan tanggung jawa manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti
terkandung dalam QS At-Tahrim: 6, QS.
Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits
tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan
dakwah
o
Kegiatan Inti
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan masing
–masing ayat dari QS At-Tahrim: 6, QS.
Thaha: 132;QS. Al-An’am: 70;QS.An-Nisa’ :36 dan QS.Hud:117-119 dan hadits
tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir
Thala’al Badru dst…..
G.
Sumber
Belajar :
§
Buku pelajaran siswa
§
Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§
Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta,
Pustaka Panjimas
§
M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§
Referensi perpustakaan
§
Internet
§
Lingkungan sosial
§
Media audio visual
§ Media cetak
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
3. Memahami
ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengartikan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS.
An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa dapat Membaca QS. Al-Maidah:8-10. QS.
An-Nahl :90-92. QS. An-Nisa’: 105. Hadits. tentang berlaku adil dan jujur
§ Menyebutkan makna mufradat
§ Mengartikan QS. Al-Maidah:8-10. QS. An-Nahl
:90-92. QS. An-Nisa’: 105. Hadits. tentang berlaku adil dan jujur
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl ::90-92;QS.
An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal tentang berlaku adil dan
jujur
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok, maksimal 4 orang dalam kelpk.
§ Tiap kelompok membaca ayat, dan saling
menyimak dan membetulkan bacaan
§ Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat
dengan tanya jawab.
§ Secara berpasangan siswa saling menyi-mak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat dan hadits berlaku adil dan jujur
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G.
Sumber
Belajar :
§
Buku pelajaran siswa
§
Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§
Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta,
Pustaka Panjimas
§
M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§
Referensi perpustakaan
§
Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
3. Memahami
ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Menjelaskan
kandungan QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits
tentang berlaku adil dan jujur
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa dapat Menjelaskan kandungan ayat tentang
menegakkan kebenaran karena Allah dan menjadi saksi yang adil seperti terkandung dalam QS. Al-Maidah :8-10
§ Siswa dapat Menjelaskan kandungan ayat tentang
perintah melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
§ Siswa dapat Menjelaskan kandungan ayat
tentang larangan melakukan perbuatan
keji, munkar dan permusuhan seperti yang
terkandung dalam QS An-Nahl:90.
§ Siswa dapat Menjelaskan kandungan ayat
tentang perinatah menepati janji dan
sumpah seperti terkandung dalam QS
An-Nahl:91-92.
§ Siswa dapat Menjelaskan kandungan ayat tentang
Keharusan berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum. seperti terkandung dalam QS.An-Nisa’:105.
§ Siswa dapat Menjelaskan kandungan hadits
tentang melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan
kepadanya
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Kandungan QS.al-Maidah: 8-10; Perintah
menegak-kan kebenaran dan menjadi saksi yang adil
§ QS.An-Nahl:90- 92 Tiga perintah yang harus dikerjakan:
Adil, ihsan dan memberi kepada keluarga
dekat. Tiga larangan: berbuat
keji, munkar dan permusuhan
§ QS An-Nisa’: 105 Keharusan berlaku adil dan
tidak memihak dalam menetapkan hukum.
§ Hadits tentang melaksanakan keadilan dalam
hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal tentang berlaku adil dan
jujur
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Menggali informasi mengenai penjelasan atau
tafsir dari ayat tentang berlaku adil dan jujur dari berba-gai sumber belajar.
§ Membahas satu persatu kandungan QS.al-Maidah:
8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan
jujur. dengan tanya jawab dan
diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah
masing-masing kelompok presintasi
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G.
Sumber
Belajar :
§
Buku pelajaran siswa
§
Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§
Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta,
Pustaka Panjimas
§
M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§
Referensi perpustakaan
§
Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
3. Memahami
ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
B.
Kompetensi Dasar
3.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS.al-Maidal:
8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan
jujur
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa dapat Menujukkan perilaku orang
yang menegakkan kebenaran karena Allah
dan menjadi saksi yang adil seperti
terkandung dalam QS. Al-Maidah: 8-10
§ Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang
melaksanakan sikap adil, ihsan , dan memberi kepada kerabat sebagaimana terkandung dalam QS An-Nahl:90.
§ Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang
meninggalkan perbuatan keji, munkar dan permusuhan seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:90.
§ Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang
menepati janji dan sumpah seperti
terkandung dalam QS An-Nahl:91-92.
§ Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang
berlaku adil dan tidak memihak dalam menetapkan hukum seperti terkandung dalam QS. an-Nisa’:105
§ Siswa dapat Menujukkan perilaku orang yang
melaksanakan keadilan dalam hukum dan hal-hal yang diamanatkan kepadanya
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Contoh perilaku orang yang mengamalkan
QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang
berlaku adil dan jujur
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal tentang berlaku adil dan
jujur
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Memperhatikan tayangan melalui sumber media
audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang
yang berlaku adil dan jujur secara
berkelompok berdiskusi
§ Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
mengenai contoh perilaku orang yang
berlaku adil dan jujur
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G.
Sumber
Belajar :
§
Buku pelajaran siswa
§
Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§
Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta,
Pustaka Panjimas
§
M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§
Referensi perpustakaan
§
Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XII /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
3. Memahami
ayat–ayat al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
B.
Kompetensi Dasar
3.4 Menerapkan
perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti terkndung dalam
QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’: 105 dan hadits tentang
berlaku adil dan jujur
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa dapat Mempertahankan kebenaran karena
Allah
§ Siswa dapat Memberikan kesaksian secara adil
dan jujur.
§ Siswa dapat Melaksanakan kewajiban secara
disiplin.
§ Siswa dapat Melakukan perbuatan ihsan kepada
siapaun dan dimanapun.
§ Siswa dapat Memberikan hak kepada kerabat
dekat
§ Siswa dapat Meningglkan perbuatan-perbuatan
keji, munkar, dan permusuhan.
§ Siswa dapat Menepati janji dan sumpah yang
telah diucapkan.
§ Siswa dapat Melaksanakan amanah yang baik.
§ Siswa dapat Tidak bersifat khianat
§ Siswa dapat Meningkatkan keyakinan adanya
balasan bagi orang yang berbuat baik
§ Siswa dapat Meyakini adanya siksa bagi orang
yang berbuat buruk
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS.al-Maidah: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS.
An-Nisa’: 105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Non Threatening
Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o
Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa
ayat yang terkait dengan materi.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal tentang berlaku adil dan
jujur
o
Kegiatan Inti
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan masing
–masing ayat dan hadits dari QS.al-Maidal: 8-10; QS.An-Nahl:90-92;QS. An-Nisa’:
105 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai Berlaku adil dan jujur
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G.
Sumber
Belajar :
§
Buku pelajaran siswa
§
Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§
Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta,
Pustaka Panjimas
§
M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§
Referensi perpustakaan
§
Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar