RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Minggu ke- :
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah (MA) Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : X / II
Materi pokok : Memahami
Hadist, Sunah, Khabar Dan Atsar
Alokasi Waktu :
A.
Kompetensi Inti
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar
1.1
|
:
|
Memahami pengertian
Hadist, Sunah, Khabar Dan Atsar
|
2.3
|
:
|
Mendeskripsikan
substansi perbedaan dan persamaan pengertian Hadist, Sunah, Khabar Dan Atsar
|
C.
Indikator Pembelajaran
1
|
:
|
Menjelaskan pengertian Hadist, Sunah,
Khabar Dan Atsar
|
||
2
|
:
|
Membedakan Hadist, Sunah, Khabar Dan Atsar
|
||
3
|
:
|
Mengidentifikasi persamaan Hadist, Sunah, Khabar Dan Atsar
|
||
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pengamatan,
menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan menkomunikasi diharapkan :
|
|
1.
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Hadist, Sunah, Khabar Dan
Atsar
|
2.
|
Peserta didik dapat Membedakan Hadist, Sunah, Khabar Dan Atsar
|
3.
|
Peserta didik dapat Mengidentifikasi persamaan Hadist, Sunah, Khabar
Dan Atsar
|
E.
Materi Pokok Pembelajaran
1.
Pengerian hadist
2.
Pengertian sunnah
3. Perngertian khabar
4. Pengertian atsar
5. Persamaan-persamaan Hadist,
Sunah, Khabar Dan Atsar .
6. Perbedaan Hadist, Sunah, Khabar
Dan Atsar
7. Perbedaan antara Al-Qur’an dan hadist
F.
Proses Pembelajaran
o
Pendahuluan
§ Guru mengucapkan salam
dan berdo’a bersama
§ Guru memeriksa
kehadiran siswa
§ Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
§ Guru menyampaikan pertanyaan
mengenai materi ajar
§ Media / alat peraga /
alat bantu
§ Model pembelajaran
langsung
o
Kegiatan Inti
§ Guru meminta peserta
didik untuk mencermati perenungan yang ada pada kolom “ mari renungkan “
§ Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang hasil perenungannya
§ Guru memberikan
penjelasan dan penguatan
§ Guru meminta kembali
peserta didik untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom “ “mari
mengamati”
§ Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
§ Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan tentang isi gambar tersebut
§ Peserta didik
melakukan Tanya jawab
§ Peserta didik menyimak
penyampaian cerita
§ Peserta didik dibagi
menjadi beberapa kelompok dan diberikan tugas untyuk berdiskusi sesuai dengan
tema yang ditentukan
§ Secara bergantian
masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain
memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan
§ Guru memberikan
penambahan dan penguata pada peserta didik tentang materi tersebut
§ Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan kisah tersebut
§ Guru dan peserta didik
menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut
o
Penutup
§ Siswa menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan
motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi
Quantum.
§ Salam
G.
Penilaian
Terlampir pada lampiran
a. Skala
sikap
b. Pilihan
ganda dan uraian
c. Instrument
penilaian kognitif
d. Tugas
/ portofolio
H.
Sumber
belajar
Buku pegangan siswa,
buku pegangan guru, Al-Qur'an dan terjemahan, Referensi
perpustakaan, Internet, Lingkungan
sosial, Media audio visual,
Media
cetak
Mengetahui :
Kepala MA Al-Amin Dompu
Syaifudin, St
|
Dompu
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Minggu ke- :
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah (MA) Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : X/II
Materi pokok : Memahami
Unsur-Unsur Hadist
Alokasi Waktu :
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi
Dasar
3.2
|
:
|
Memahami Unsur-Unsur Hadist
|
4.2
|
:
|
Menyajikani Unsur-Unsur Hadist
|
C.
Indikator Pembelajaran
1
|
:
|
Menjelaskan pengertian sanad, matan, dan
rawi
|
||
2
|
:
|
menerapkan pengertian sanad, matan, dan
rawi dalam hadis
|
||
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan pengamatan,
menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan menkomunikasi diharapkan :
|
|
1.
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sanad, matan, dan rawi dengan benar
|
2.
|
Peserta didik dapat menerapkan pengertian sanad, matan, dan rawi dalam hadis dengan benar
|
E.
Materi Pokok Pembelajaran
1. Sanad
2. Matan
3. Rawi
F.
Proses Pembelajaran
o
Pendahuluan
§ Guru mengucapkan salam
dan berdo’a bersama
§ Guru memeriksa
kehadiran siswa
§ Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
§ Guru menyampaikan
pertanyaan mengenai materi ajar
§ Media / alat peraga /
alat bantu
§ Model pembelajaran
langsung
o
Kegiatan Inti
§ Guru meminta peserta
didik untuk mencermati perenungan yang ada pada kolom “ mari renungkan “
§ Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang hasil perenungannya
§ Guru memberikan
penjelasan dan penguatan
§ Guru meminta kembali
peserta didik untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom “ “mari mengamati”
§ Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
§ Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan tentang isi gambar tersebut
§ Peserta didik
melakukan Tanya jawab
§ Peserta didik menyimak
penyampaian cerita
§ Peserta didik dibagi
menjadi beberapa kelompok dan diberikan tugas untyuk berdiskusi sesuai dengan
tema yang ditentukan
§ Secara bergantian
masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain
memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan
§ Guru memberikan
penambahan dan penguata pada peserta didik tentang materi tersebut
§ Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan kisah tersebut
§ Guru dan peserta didik
menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut
o
Penutup
§ Siswa menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan
motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi
Quantum.
§ Salam
G.
Penilaian
Terlampir pada lampiran
a. Skala
sikap
b. Pilihan
ganda dan uraian
c. Instrument
penilaian kognitif
d. Tugas
/ portofolio
H.
Sumber
belajar
Buku pegangan siswa,
buku pegangan guru, Al-Qur'an dan terjemahan, Referensi
perpustakaan, Internet, Lingkungan
sosial, Media audio visual,
Media
cetak
Mengetahui :
Kepala MA Al-Amin Dompu
Syaifudin, St
|
Dompu………………………………….2015
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Minggu ke- :
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah (MA) Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : X/II
Materi pokok : Betapa
Bermacam-Macamnya Sunnah Nabi-Ku
Alokasi Waktu :
2 x 3 JP
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar
3.3.
|
:
|
Mengidentifikasi
macam-macam sunnah ( Qauliyah, fi’liyah, taqriyah, dan hammiyah ) dan
fungsinya terhadap Al-qur’an.
|
4.3
|
:
|
Mempresentasikan
contoh macam-macam sunnah ( Qauliyah, fi’liyah, taqriyah, dan hammiyah )
|
B.
Indikator Pembelajaran
1
|
:
|
§ Menjelaskan
macam-macam sunnah dan fungsinya terhadap Al-Qur’an.
|
||
2
|
:
|
§ Mengidentifikasi
macam-macam sunnah.
|
||
3
|
:
|
§ Menunjukan contoh
macam-macam sunnah
|
||
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan pengamatan,
menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan menkomunikasi diharapkan :
|
|
1.
|
Peserta didik dapat menjelaskan Macam-macam sunnah dan fungsinya
terhadap Al-Qur’an dengan benar
|
2.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi Macam-macam
sunnah dengan benar
|
3.
|
Peserta didik dapat menunjukan contoh Macam-macam sunnah
dengan benar
|
D.
Materi Pokok Pembelajaran
1.
Sunnah Qauliya
2.
Sunnah Fi’liya
3.
Sunnah Taqririya
4.
Sunnah Hammiyah
E.
Proses Pembelajaran
o
Pendahuluan
§ Guru mengucapkan salam
dan berdo’a bersama
§ Guru memeriksa
kehadiran siswa
§ Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
§ Guru menyampaikan
pertanyaan mengenai materi ajar
§ Media / alat peraga /
alat bantu
§ Model pembelajaran
langsung
o
Kegiatan Inti
§ Guru meminta peserta
didik untuk mencermati perenungan yang ada pada kolom “ mari renungkan “
§ Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang hasil perenungannya
§ Guru memberikan
penjelasan dan penguatan
§ Guru meminta kembali
peserta didik untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom “ “mari mengamati”
§ Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
§ Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan tentang isi gambar tersebut
§ Peserta didik
melakukan Tanya jawab
§ Peserta didik menyimak
penyampaian cerita
§ Peserta didik dibagi
menjadi beberapa kelompok dan diberikan tugas untyuk berdiskusi sesuai dengan
tema yang ditentukan
§ Secara bergantian
masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain
memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan
§ Guru memberikan
penambahan dan penguata pada peserta didik tentang materi tersebut
§ Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan kisah tersebut
§ Guru dan peserta didik
menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut
o
Penutup
§ Siswa menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan
motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi
Quantum.
§ Salam
F.
Penilaian
Terlampir pada lampiran
a. Skala
sikap
b. Pilihan
ganda dan uraian
c. Instrument
penilaian kognitif
d. Tugas
/ portofolio
G.
Sumber
belajar
Buku pegangan siswa,
buku pegangan guru, Al-Qur'an dan terjemahan, Referensi
perpustakaan, Internet, Lingkungan
sosial, Media audio visual,
Media
cetak
Mengetahui :
Kepala MA Al-Amin Dompu
Syaifudin, St
|
Dompu………………………………….2015
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Minggu ke- :
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah (MA) Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : X/II
Materi pokok : Memahami
Hadis Dari Segi Kuantitas Dan Kualitas
Alokasi Waktu :
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar
1.1
|
:
|
Meyakini
hadis shahih dan hasan sebagai dasar hokum ajaran islam
|
1.2
|
:
|
Berpegang
teguh pada hadis shahih dan hasan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari
|
1.3
|
|
Menghayati
nilai-nilai kebenaran yang terkandung dalam hadist yang shahih
|
2.1
|
|
Menunjukan
sikap kritis dalam mengamalkan hadis sebagai dasar dalam kehidupan
sehari-hari
|
2.2
|
|
Menunjukan
perilaku yang menggunakan hadis sebagai fungsinya yang telah dipelajari
|
2.3
|
|
Menunjukan
perilaku yang selektif terhadap keanekaragaman hadis
|
3.4
|
|
Memahami
pembagian hadist dari segi kuantitas dan kualitasnya
|
4.4
|
|
Mempresentasikan
pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya.
|
C.Indikator
Pembelajaran
1
|
:
|
Menjelaskan hadis dari segi kuantitas rawi
|
||
2
|
:
|
Menjelaskan hadis dari segi kualitas sanad
|
||
3
|
:
|
Mengklasifikasikan pembagian
hadis
|
||
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan pengamatan,
menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan menkomunikasi diharapkan :
|
|
1.
|
Peserta didik dapat Menjelaskan hadis dari segi kuantitas rawi dengan
benar
|
2.
|
Peserta didik dapat Menjelaskan hadis dari segi kualitas sanad dengan
benar
|
3.
|
Peserta didik dapat Mengklasifikasikan
pembagian hadis dengan benar
|
E.
Materi Pokok
Pembelajaran
a.
Hadis
ditinjau dari segi kuantitas
b.
Hadis
ditinjau dari segi kualitas
F.
Proses Pembelajaran
o
Pendahuluan
§ Guru mengucapkan salam
dan berdo’a bersama
§ Guru memeriksa
kehadiran siswa
§ Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
§ Guru menyampaikan
pertanyaan mengenai materi ajar
§ Media / alat peraga /
alat bantu
§ Model pembelajaran
langsung
o
Kegiatan Inti
§ Guru meminta peserta
didik untuk mencermati perenungan yang ada pada kolom “ mari renungkan “
§ Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang hasil perenungannya
§ Guru memberikan
penjelasan dan penguatan
§ Guru meminta kembali
peserta didik untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom “ “mari
mengamati”
§ Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
§ Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan tentang isi gambar tersebut
§ Peserta didik
melakukan Tanya jawab
§ Peserta didik menyimak
penyampaian cerita
§ Peserta didik dibagi
menjadi beberapa kelompok dan diberikan tugas untyuk berdiskusi sesuai dengan
tema yang ditentukan
§ Secara bergantian
masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain
memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan
§ Guru memberikan
penambahan dan penguata pada peserta didik tentang materi tersebut
§ Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan kisah tersebut
§ Guru dan peserta didik
menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan
yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan
motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi
Quantum.
§ Salam
G.
Penilaian
Terlampir pada lampiran
a. Skala
sikap
b. Pilihan
ganda dan uraian
c. Instrument
penilaian kognitif
d. Tugas
/ portofolio
H.
Sumber
belajar
Buku pegangan siswa,
buku pegangan guru, Al-Qur'an dan terjemahan, Referensi
perpustakaan, Internet, Lingkungan
sosial, Media audio visual,
Media
cetak
Mengetahui :
Kepala MA Al-Amin Dompu
Syaifudin, St
|
Dompu………………………………….2015
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Minggu ke- :
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah (MA) Al-Amin Dompu
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : X/II
Materi pokok : Memahami
Hadis Dari Segi Kuantitas Dan Kualitas
Alokasi Waktu :
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar
2.4
|
:
|
Memiliki
sikap ikhlas dalam beribadah sebagai implementasi dari pemahaman ayat-ayat
al-qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada surat Al-An’am : 162-163,
surat Al-Bayyinah : 5 dan hadis riwayat bukhari dari Aisyah ra.
|
3.5
|
:
|
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Qs Al-an’am : :
162-163, surat Al-Bayyinah : 5 dan hadis riwayat bukhari dari Aisyah ra.
|
4.5
|
|
Mendemonstrasikan
hafalan dan arti perkata ayat-ayat Al-qur’an tentang keikhlasan dalam
beribadah pada Qs Al-an’am : : 162-163, surat Al-Bayyinah : 5 dan hadis
riwayat bukhari dari Aisyah ra.
|
C.Indikator
Pembelajaran
1
|
:
|
Membaca Qs Al-an’am : : 162-163, surat
Al-Bayyinah : 5 dan hadis riwayat bukhari dari Aisyah ra. Tentang keikhlasan
dalam beribadah
|
||
2
|
:
|
Menyebutkan makna mufradat Qs Al-an’am : :
162-163, surat Al-Bayyinah : 5 dan hadis riwayat bukhari dari Aisyah ra.
Tentang keikhlasan dalam beribadah
|
||
3
|
:
|
Menjelaskan kandungan Qs Al-an’am : :
162-163, surat Al-Bayyinah : 5 dan hadis riwayat bukhari dari Aisyah ra.
Tentang keikhlasan dalam beribadah
|
||
4
|
|
Menunjukan perilaku ikhlas dalam beribadah
|
||
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan pengamatan,
menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan menkomunikasi diharapkan :
|
|
1.
|
Peserta didik dapat Membaca Qs Al-an’am : : 162-163, surat Al-Bayyinah
: 5 dan hadis riwayat bukhari dari Aisyah ra. Tentang keikhlasan dalam
beribadah dengan benar
|
2.
|
Peserta didik dapat Menyebutkan makna mufradat Qs Al-an’am : :
162-163, surat Al-Bayyinah : 5 dan hadis riwayat bukhari dari Aisyah ra.
Tentang keikhlasan dalam beribadah dengan benar
|
3.
|
Peserta didik dapat Menjelaskan
kandungan Qs Al-an’am : : 162-163, surat Al-Bayyinah : 5 dan hadis riwayat
bukhari dari Aisyah ra. Tentang keikhlasan dalam beribadah dengan benar
|
4
|
Peserta didik dapat
Menunjukan perilaku ikhlas dalam beribadah
|
E.
Materi Pokok
Pembelajaran
§ Qs Al-an’am : :
162-163,
§ surat Al-Bayyinah : 5
§ dan hadis riwayat bukhari dari Aisyah ra
F.
Proses Pembelajaran
o
Pendahuluan
§ Guru mengucapkan salam
dan berdo’a bersama
§ Guru memeriksa
kehadiran siswa
§ Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
§ Guru menyampaikan
pertanyaan mengenai materi ajar
§ Media / alat peraga /
alat bantu
§ Model pembelajaran
langsung
o
Kegiatan Inti
§ Guru meminta peserta
didik untuk mencermati perenungan yang ada pada kolom “ mari renungkan “
§ Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang hasil perenungannya
§ Guru memberikan
penjelasan dan penguatan
§ Guru meminta kembali
peserta didik untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom “ “mari
mengamati”
§ Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
§ Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan tentang isi gambar tersebut
§ Peserta didik
melakukan Tanya jawab
§ Peserta didik menyimak
penyampaian cerita
§ Peserta didik dibagi
menjadi beberapa kelompok dan diberikan tugas untyuk berdiskusi sesuai dengan
tema yang ditentukan
§ Secara bergantian
masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain
memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan
§ Guru memberikan
penambahan dan penguata pada peserta didik tentang materi tersebut
§ Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan kisah tersebut
§ Guru dan peserta didik
menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut
o
Penutup
§ Siswa menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan
motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi
Quantum.
§ Salam
G.
Penilaian
Terlampir pada lampiran
a. Skala
sikap
b. Pilihan
ganda dan uraian
c. Instrument
penilaian kognitif
d. Tugas
/ portofolio
H.
Sumber
belajar
Buku pegangan siswa,
buku pegangan guru, Al-Qur'an dan terjemahan, Referensi
perpustakaan, Internet, Lingkungan
sosial, Media audio visual,
Media
cetak
Mengetahui :
Kepala MA Al-Amin Dompu
Syaifudin, St
|
Dompu………………………………….2015
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar