RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
X Pertemuan
A.
Standar
Kompetensi:
1.
Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan
hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
mengartikan QS Azzukhruf : 9-13, QS Al-ankabut : 17 dan hadist tentang syukur
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu mengartikan QS Azzukhruf : 9-13,
§ Siswa mampu mengartikan QS Al-ankabut : 17
§ Siswa mampu mengartikan hadist tentang syukur
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Arti QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan
hadts tentang syukur
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawabi; Penugasan;
Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi beberapa kelompok.
§ Tiap kelompok membaca ayat QS. Az-Zuhruf:9-13
,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat
dalam bacaannya.
§ Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat QS.
Az-Zuhruf:9-13 dengan tanya jawab.
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat QS. Az-Zuhruf:9-13 yang terkait dengan nikmat
Allah dan cara mensyukurinya
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Salam
Pertemuan ke – 2
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi beberapa kelompok.
§ Tiap kelompok membaca ayat QS. Al-Ankabut:17
dan hadts tentang syukur,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila
ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
§ Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat QS.
Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukurdengan tanya jawab.
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur
yang terkait dengan nikmat Allah dan cara mensyukurinya
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan gambaran mengenai materi
selanjutnya.
§ Salam penutup
G.
Sumber
Belajar :
§ Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA
kkelasXI
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
X Pertemuan
A.
|
Standar Kompetensi:
|
1.
Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan
hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
B.
Kompetensi Dasar
1.2
Menjelaskan kandungan QS Azzukhruf : 9-13, QS Al-ankabut : 17 dan hadist tentang syukur
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu menjelaskan kandungan QS Azzukhruf : 9-13,
§ Siswa mampu menjelaskan kandungan QS Al-ankabut : 17
§ Siswa mampu menjelaskan kandungan hadist tentang syukur
D.
Materi
Pembelajaran :
§ kandungan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS.
Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Menggali informasi mengenai penjelasan atau
tafsir dari ayat QS Azzukhruf : 9-13, tentang
nikmat Allah dan cara mensyukurinya, dari
berbagai sumber belajar
§ Membahas
kandungan QS Azzukhruf : 9-13, tentang
nikmat Allah dan cara mensyukurinya. dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah
masing-masing kelompok presintasi
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
Pertemuan ke – 2
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Menggali informasi mengenai penjelasan atau
tafsir dari QS. Al-Ankabut:17 dan hadts,
tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya, dari berbagai sumber belajar
§ Membahas
kandungan QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur. dengan tanya jawab
dan diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah
masing-masing kelompok presintasi
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
G.
Sumber
Belajar :
§ Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA
kkelasXI
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
X Pertemuan
A.
|
Standar Kompetensi:
|
1.
Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan
hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Menunjukan
perilaku orang yang mengamalkan QS Azzukhruf : 9-13, QS Al-ankabut : 17 dan
hadist tentang syukur
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu menunjukan perilaku orang yang mengamalkan QS Azzukhruf : 9-13,
§ Siswa mampu menunjukan perilaku orang yang mengamalkan QS Al-ankabut : 17
§ Siswa mampu menunjukan perilaku orang yang mengamalkan hadist
tentang syukur
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Arti QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan
hadts tentang syukur
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o Kegiatan
Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan masing
–masing ayat dari
QS Azzukhruf : 9-13. tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai nikmat Allah dan cara mensyukurinya
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
Pertemuan ke – 2
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o Kegiatan
Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan masing
–masing ayat dari QS Al-ankabut : 17
dan hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai nikmat Allah dan cara mensyukurinya
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
G.
Sumber
Belajar :
§ Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA
kkelasXI
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
§ Penilaian Proses
§ Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Ganjil
Alokasi Waktu : 1
X Pertemuan
A.
|
Standar Kompetensi:
|
1.
Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan
hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
B.
Kompetensi Dasar
1.4 Mengidentifikasi
macam-macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS Azzukhruf : 9-13,
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu Mengidentifikasi macam-macam
nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS Azzukhruf : 9-13
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Arti QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan
hadts tentang syukur
E.
Metode
Pembelajaran
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
F.
Langkah
Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o Kegiatan Inti
§ Memperhatikan ceramah para mubaligh melalui
media CD, Kaset dll
§ Secara berkelompok berdiskusi untuk
mengidentifikasi macam-macam nikmat
Allah sebagaimana terkandung dalam QS Azzukhruf : 9-13
§ Mengambil kesimpulan setelah mengidentifikasi
dan diskusi mengenai macam-macam nikmat
Allah sebagaimana terkandung dalam QS Azzukhruf : 9-13
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
G.
Sumber
Belajar :
§ Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA
kkelasXI
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Ganjil
Alokasi Waktu : 1
X Pertemuan
A.
|
Standar Kompetensi:
|
1.
Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan
hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
B.
Kompetensi Dasar
1.5 Melaksanakan
cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung dalam QS Al-ankabut : 17
dan hadist tentang syukur nikmat.
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Siswa mampu melaksanakan cara-cara mensyukuri
nikmat Allah seperti terkandung dalam QS Al-ankabut : 17 dan hadist tentang syukur nikmat.
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Arti QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan
hadts tentang syukur
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o Kegiatan
Inti
§ Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan QS Al-ankabut : 17 dan hadist tentang syukur nikmat..
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai syukur nikmat
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
I.
Sumber
Belajar :
§ Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA
kkelasXI
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
J.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Ganjil
Alokasi Waktu : 3
X Pertemuan
A.
Standar
Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Mengartikan Q.S. Ar-Rum: 41-42,
QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS.
Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh:
204-206
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Membaca QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58,
QS. Shad:7, QS. Al-Furqon: 45-50, QS Al-Baqarah204-206
§ Menyebutkan makna mufradat
§ Mengartikan QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof:
56-58, QS. Shad:7, QS. Al-Furqon: 45-50, QS Al-Baqarah204-206
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS.
Shad:7, QS. Al-Furqon: 45-50, QS Al-Baqarah204-206
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi beberapa kelompok.
§ Tiap kelompok membaca ayat Q.S. Ar-Rum: 41-42,
QS.Al-A’rof: 56-58 ,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada
yang kurang tepat dalam bacaannya.
§ Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat
dengan tanya jawab.
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 yang
terkait dengan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
Pertemuan ke – 2
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi beberapa kelompok.
§ Tiap kelompok membaca ayat QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50,dan saling menyimak
serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
§ Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat
dengan tanya jawab.
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat QS. Shad:27.;
QS. Al-Furqon: 45-50 yang terkait dengan perintah menjaga kelestarian
lingkungan hidup
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
Pertemuan ke – 3
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi beberapa kelompok.
§ Tiap kelompok membaca ayat QS. Al-Baqarah :
204-206 ,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang
tepat dalam bacaannya.
§ Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat
dengan tanya jawab.
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat QS. Al-Baqarah : 204-206 yang terkait dengan perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
G.
Sumber
Belajar :
§ Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA
kkelasXI
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Ganjil
Alokasi Waktu : 3
X Pertemuan
A.
Standar
Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42,
QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS.
Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh:
204-206
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan kandungan ayat ten-tang akibat
perbuatan manusia yang baik dan buruk sebagaimana terkandung dalam QS. Ar-Rum:
41-42
§ Menjelaskan kandungan ayat ten-tang larangan membuat kerusakan dimuka bumi
seperti terkandung dalam QS Al-A’rof:56-58.
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang pendayagunaan sumber alam seperti terkandung
dalam QS.Al-Furqon:45-50.
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang semua
ciptaan Allah pasti ada hikmahnya sebagaimana terkandung dalam QS. Shad:27.
§ Menjelaskan asbabun nuzul QS Al-Baqarah
204-205
§ enjelaskan kandungan ayat tentang perbuatan
munafiq sebagaimana terkandung dalam QS.
Al-Baqqoroh:204-206
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Q.S. Ar-Rum: 41-42
§ QS.Al-A’rof: 56-58
§ Inti materi :
-
Akibat yang baik dan buruk dari
perbuatan manusia
-
Larangan membuat kerusakan QS Shad:27
§ Allah menciptakan segala sesuatu pasti ada
hikmahnya QS. Al-Furqon: 45-50
§ Pendayagunaan sumber alam karunia Allah QS.
Al-Baqarah: 204-206.
§ Perbuatan munafik yang menyebabkan rusaknya
lingkungan
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o Kegiatan
Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Menggali informasi mengenai penjelasan atau
tafsir dari Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dari berbagai sumber belajar
§ Membahas
kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah
masing-masing kelompok presintasi
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
Pertemuan ke – 2
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o Kegiatan
Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Menggali informasi mengenai penjelasan atau
tafsir dari QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon:
45-50 dari berbagai sumber belajar
§ Membahas
kandungan QS. Shad:27.; QS.
Al-Furqon: 45-50 perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan tanya
jawab dan diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah
masing-masing kelompok presintasi
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
Pertemuan ke – 3
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Menggali informasi mengenai penjelasan atau
tafsir dari QS. dan QS. Al-Baqoroh:
204-206 dari berbagai sumber belajar
§ Membahas
kandungan QS. dan QS. Al-Baqoroh:
204-206 perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan tanya jawab dan
diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah
masing-masing kelompok presintasi
§
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
G.
Sumber
Belajar :
§ Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA
kkelasXI
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
X Pertemuan
A.
Standar
Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
B.
Kompetensi Dasar
2.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamal-kan Q.S. Ar-Rum:
41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat
baik dan orang yang berbuat buruk.
§ Menunjukkan perilaku orang yang menjaga
kelestarian lingkungan hidup.
§ Menunjukkan perilaku orang yang pandai
mengambil hikmah dari setiap ciptaan Allah.
§ Menunjukkan perilaku orang yang mendayagunakan
sumber alam
§ Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat
munafik
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS.
Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o Kegiatan
Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Memperhatikan tayangan melalui sumber media
audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42,
QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;
§ Secara berkelompok berdiskusi mengenai
perilaku orang yang menjalankan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup hidup
seperti yang terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS.
Shad:27.;
§ Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
mengenai contoh orang yang menjalankan perintah menjaga kelestarian lingkungan
hidup seperti yang terkandung dalam QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
Pertemuan ke – 2
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o Kegiatan
Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Memperhatikan tayangan melalui sumber media
audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam QS. Al-Furqon: 45-50
dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
§ Secara berkelompok berdiskusi mengenai
perilaku orang yang menjalankan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
seperti yang terkandung dalam QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
§ Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
mengenai contoh orang yang menjalankan perintah menjaga kelestarian lingkungan
hidup seperti yang terkandung dalam QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
G.
Sumber
Belajar :
§ Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA
kkelasXI
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Ganjil
Alokasi Waktu : 2
X Pertemuan
A.
Standar
Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
B.
Kompetensi Dasar
2.4 Menerapkan prilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagaimana
terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dan QS. Shad:27. QS.
Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh:
204-206
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Mengadakan perjalanan di bumi untuk mengambil
pelajaran dari setiap peristiwa
§ Melaksanakan aktifitas yang ada manfaatnya dan
berakibat baik.
§ melaksanakn gerakan pelestarian lingkungan
hidup yang baik.
§ Mengadakan kegiatan bakti sosial untuk
membantu orang yang sangat memerlukan.
§ Menggunakan cahaya matahari untuk memenuhi
keperluan sehari-hari
§ Membuat jadwal kegiatan rutin yang
dilaksanakan secara disiplin untuk penggunaan waktu secara efektif.
§ Meninggalkan perilaku munafik
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’r of: 56-58;QS.
Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai materi
ajar
o Kegiatan
Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan Q.S.
Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dan QS. Shad:27.
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang
terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dan QS. Shad:27.
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
Pertemuan ke – 2
o Pendahuluaan
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan QS.
Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh:
204-206
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang
terkandung dalam QS. Al-Furqon: 45-50 dan
QS. Al-Baqoroh: 204-206
o Kegiatan
Inti
§ Menggali informasi mengenai nikmat Allah dan
cara mensyukurinya dari berbagai sumber belajar.
§ Membahas satu persatu kandungan Q.S. Al-An’am:
162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang nikmat Allah dan cara
mensyukurinya dengan tanya jawab dan diskusi kelompok
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Salam penutup
G.
Sumber
Belajar :
§ Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA
kkelasXI
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Individual
Mengetahui,
Kepala MA
Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman, S.PdI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar