Senin, 14 September 2015

RPP AL-QUR'AN HADIS K-13 KELAS XI SEMESTER GANJIL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 X Pertemuan

A.      Standar Kompetensi:
1.    Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.           

B.      Kompetensi  Dasar
1.1 mengartikan QS Azzukhruf : 9-13, QS Al-ankabut : 17 dan hadist  tentang syukur

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu mengartikan QS Azzukhruf : 9-13,
§  Siswa mampu mengartikan QS Al-ankabut : 17
§  Siswa mampu mengartikan  hadist  tentang syukur

D.      Materi Pembelajaran :
§  Arti QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawabi; Penugasan; Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi beberapa kelompok.
§  Tiap kelompok membaca ayat QS. Az-Zuhruf:9-13 ,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
§  Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat QS. Az-Zuhruf:9-13 dengan tanya jawab.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  QS. Az-Zuhruf:9-13 yang terkait dengan nikmat Allah dan cara mensyukurinya
                                                    
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Salam

Pertemuan ke – 2
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi beberapa kelompok.
§  Tiap kelompok membaca ayat QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
§  Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukurdengan tanya jawab.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur yang terkait dengan nikmat Allah dan cara mensyukurinya

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan gambaran mengenai materi selanjutnya.
§  Salam penutup

G.     Sumber Belajar :
§  Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA kkelasXI
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 X Pertemuan

A.
Standar Kompetensi:
1.    Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.           

B.      Kompetensi  Dasar
1.2 Menjelaskan kandungan QS Azzukhruf : 9-13, QS Al-ankabut : 17 dan hadist  tentang syukur

  
C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu menjelaskan kandungan QS Azzukhruf : 9-13,
§  Siswa mampu menjelaskan kandungan QS Al-ankabut : 17
§  Siswa mampu menjelaskan kandungan  hadist  tentang syukur


D.      Materi Pembelajaran :
§  kandungan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o   Pendahuluaan
§   Siswa membaca do’a.
§   Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§   Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti  
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat QS Azzukhruf : 9-13, tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya, dari  berbagai sumber belajar
§  Membahas  kandungan QS Azzukhruf : 9-13, tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya. dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup


Pertemuan ke – 2
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari QS. Al-Ankabut:17 dan hadts, tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya, dari  berbagai sumber belajar
§  Membahas  kandungan QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur. dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup

G.     Sumber Belajar :
§  Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA kkelasXI
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 X Pertemuan

A.
Standar Kompetensi:
1.    Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.           

B.        Kompetensi  Dasar
1.3 Menunjukan perilaku orang yang mengamalkan QS Azzukhruf : 9-13, QS Al-ankabut : 17 dan hadist  tentang syukur

C.        Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu menunjukan perilaku orang yang mengamalkan  QS Azzukhruf : 9-13,
§  Siswa mampu menunjukan perilaku orang yang mengamalkan  QS Al-ankabut : 17
§  Siswa mampu menunjukan perilaku orang yang mengamalkan  hadist  tentang syukur

D.        Materi Pembelajaran :
§  Arti QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur

E.         Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.         Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari
QS Azzukhruf : 9-13. tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai nikmat Allah dan cara mensyukurinya

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup

Pertemuan ke – 2
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari QS Al-ankabut : 17 dan hadist   tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai nikmat Allah dan cara mensyukurinya

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup

G.       Sumber Belajar :
§  Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA kkelasXI
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.       Penilaian
§  Penilaian  Proses
§  Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   1 X Pertemuan

A.
Standar Kompetensi:
1.    Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.           

B.        Kompetensi  Dasar
1.4 Mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS Azzukhruf : 9-13,

C.        Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu  Mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS Azzukhruf : 9-13

D.        Materi Pembelajaran :
§  Arti QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur

E.         Metode Pembelajaran
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
§  Model : Kooperatif Learning (Small Group)

F.         Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o    Kegiatan Inti
§  Memperhatikan ceramah para mubaligh melalui media CD, Kaset dll
§  Secara berkelompok berdiskusi untuk mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS Azzukhruf : 9-13
§  Mengambil kesimpulan setelah mengidentifikasi dan diskusi mengenai macam-macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS Azzukhruf : 9-13

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup


G.       Sumber Belajar :
§  Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA kkelasXI
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.       Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   1 X Pertemuan

A.
Standar Kompetensi:
1.    Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan hadist tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya.           

B.        Kompetensi  Dasar
1.5 Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung dalam QS Al-ankabut : 17 dan hadist  tentang syukur nikmat.

C.        Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Siswa mampu  melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung dalam QS Al-ankabut : 17 dan hadist  tentang syukur nikmat.

D.        Materi Pembelajaran :
§  Arti QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur

E.         Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.         Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan QS Al-ankabut : 17 dan hadist  tentang syukur nikmat..
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai syukur nikmat


o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup


I.        Sumber Belajar :
§  Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA kkelasXI
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

J.        Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                          :  3 X Pertemuan


A.      Standar Kompetensi:
2.        Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

B.      Kompetensi  Dasar
2.1      Mengartikan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
  
C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Membaca QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS. Shad:7, QS. Al-Furqon: 45-50, QS Al-Baqarah204-206
§  Menyebutkan makna mufradat
§  Mengartikan QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS. Shad:7, QS. Al-Furqon: 45-50, QS Al-Baqarah204-206

D.      Materi Pembelajaran :
§  QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS. Shad:7, QS. Al-Furqon: 45-50, QS Al-Baqarah204-206

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1

o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi beberapa kelompok.
§  Tiap kelompok membaca ayat Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 ,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
§  Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat dengan tanya jawab.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 yang terkait dengan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup

Pertemuan ke – 2
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi beberapa kelompok.
§  Tiap kelompok membaca ayat QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
§  Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat dengan tanya jawab.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 yang terkait dengan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup

Pertemuan ke – 3
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi beberapa kelompok.
§  Tiap kelompok membaca ayat QS. Al-Baqarah : 204-206 ,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
§  Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat dengan tanya jawab.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  QS. Al-Baqarah : 204-206  yang terkait dengan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup



G.     Sumber Belajar :
§  Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA kkelasXI
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   3 X Pertemuan


A.      Standar Kompetensi:
2.        Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

B.      Kompetensi  Dasar
2.2      Menjelaskan kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
  
C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan kandungan ayat ten-tang akibat perbuatan manusia yang baik dan buruk sebagaimana terkandung dalam QS. Ar-Rum: 41-42
§  Menjelaskan kandungan ayat ten-tang  larangan membuat kerusakan dimuka bumi seperti  terkandung dalam QS Al-A’rof:56-58.
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang  pendayagunaan sumber alam seperti terkandung dalam  QS.Al-Furqon:45-50.
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang semua ciptaan Allah pasti ada hikmahnya sebagaimana terkandung dalam QS. Shad:27.
§  Menjelaskan asbabun nuzul QS Al-Baqarah 204-205
§  enjelaskan kandungan ayat tentang perbuatan munafiq  sebagaimana terkandung dalam QS. Al-Baqqoroh:204-206

D.      Materi Pembelajaran :
§  Q.S. Ar-Rum: 41-42
§  QS.Al-A’rof: 56-58
§  Inti materi :
-   Akibat yang baik dan buruk dari perbuatan manusia
-   Larangan membuat kerusakan QS Shad:27
§  Allah menciptakan segala sesuatu pasti ada hikmahnya QS. Al-Furqon: 45-50
§  Pendayagunaan sumber alam karunia Allah QS. Al-Baqarah: 204-206.
§  Perbuatan munafik yang menyebabkan rusaknya lingkungan


E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar


o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dari  berbagai sumber belajar
§  Membahas  kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup


Pertemuan ke – 2
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dari  berbagai sumber belajar
§  Membahas  kandungan QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi


o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup


Pertemuan ke – 3
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti

§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari QS. dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206 dari  berbagai sumber belajar
§  Membahas  kandungan QS. dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206 perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi
§   

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup


G.     Sumber Belajar :
§  Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA kkelasXI
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 X Pertemuan

A.      Standar Kompetensi:
2.        Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

B.      Kompetensi  Dasar
2.3      Menunjukkan  perilaku orang yang mengamal-kan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
  
C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat baik dan orang yang berbuat buruk.
§  Menunjukkan perilaku orang yang menjaga kelestarian lingkungan hidup.
§  Menunjukkan perilaku orang yang pandai mengambil hikmah dari setiap ciptaan Allah.
§  Menunjukkan perilaku orang yang mendayagunakan sumber alam
§  Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat munafik

D.      Materi Pembelajaran :
§  Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; 
§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang menjalankan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup hidup seperti yang terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; 
§  Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh orang yang menjalankan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup





Pertemuan ke – 2
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang menjalankan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
§  Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh orang yang menjalankan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup

G.     Sumber Belajar :
§  Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA kkelasXI
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual




Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Ganjil
Alokasi Waktu                          :   2 X Pertemuan


A.      Standar Kompetensi:
2.        Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

B.      Kompetensi  Dasar
2.4      Menerapkan prilaku menjaga  kelestarian lingkungan hidup sebagaimana terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dan QS. Shad:27. QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
  
C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Mengadakan perjalanan di bumi untuk mengambil pelajaran dari setiap peristiwa
§  Melaksanakan aktifitas yang ada manfaatnya dan berakibat baik.
§  melaksanakn gerakan pelestarian lingkungan hidup yang baik.
§  Mengadakan kegiatan bakti sosial untuk membantu orang yang sangat memerlukan.
§  Menggunakan cahaya matahari untuk memenuhi keperluan sehari-hari
§  Membuat jadwal kegiatan rutin yang dilaksanakan secara disiplin untuk penggunaan waktu secara  efektif.
§  Meninggalkan perilaku munafik

D.      Materi Pembelajaran :
§  Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’r of: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§  Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal mengenai materi ajar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dan QS. Shad:27.
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dan QS. Shad:27.

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup


Pertemuan ke – 2
o   Pendahuluaan
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206

o   Kegiatan Inti
§  Menggali informasi mengenai nikmat Allah dan cara mensyukurinya dari berbagai sumber belajar.
§  Membahas satu persatu kandungan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya dengan tanya jawab dan diskusi kelompok

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan tugas individu
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Salam penutup


G.     Sumber Belajar :
§  Ayo mengkaji Al- Qur’an dan hadis untuk MA kkelasXI
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual




Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar