RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Genap
Alokasi Waktu : 4 X 2 jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
1. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah
menyantuni para dhu’afa .
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengartikan QS. Al-Qoshosh: 79-82; QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah :
177 dan hadits tentang hidup sederhana
dan perintah menyantuni kaum dhu’afa
1.2 Menjelaskan kandungan QS. Al-Qoshosh:
79-82; QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS.
Al Baqarah : 177 dan hadits tentang
hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa
1.3 Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang
meng-amalkan QS. Al-Qoshosh: 79-82; QS.
Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177
dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa
1.4 Menerapkan perilaku sederhana dan menyantuni
kaum dhu’afa seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh: 79-82; QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah :
177 dan hadits tentang hidup sederhana.
dan perintah menyantuni para dhu’afa
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Membaca, Menyebutkan makna mufradat dan
Mengartikan QS. Al-Qoshosh: 79-82. QS.
Al-Isro’: 26-27, QS. Al-Isro’: 29-30,
QS. Al-Baqarah: 177, Hadits. tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni
para dhu’afa
§ Menjelaskan kandungan QS. Al-Qoshosh: 79-82.
QS. Al-Isro’: 26-27, QS. Al-Isro’:
29-30, QS. Al-Baqarah: 177, hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah
menyantuni kaum dhu’afa’ dan asbabun nuzul dari QS Al-Isra’:26, QS
Al-aqarah:177
§ Menunjukkan perilaku dari QS. Al-Qoshosh:
79-82. QS. Al-Isro’: 26-27, QS.
Al-Isro’: 29-30, QS. Al-Baqarah: 177, Hadits. tentang hidup sederhana dan
perintah menyantuni para dhu’afa
§ Menampilkan sikap yang rendah hati ,
bijaksana, sabar.menyantuni kerabat, orang miskin dan ibnu sabil, sederhana, Berakhlak mulia, menyantuni kaum dhuafa’, dan memprakarsai kegiatan-kegiatan
sosial untuk membantu kaum dhu’afa
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS. Al-Qoshosh: 79-82,
§ QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30
§ QS. Al Baqarah : 177
§ Hadits
tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Information
Search)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan pola
hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o
Kegiatan Inti
§ Membaca ayat dan hadits tentang Pola hidup
sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa.
§ Tanya jawab makna mufrodat secara acak.
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk
mengartikan masing-masing ayat dan hadits yang terkait dengan pola hidup
sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa’
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu
astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.
Pertemuan ke-2
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan pola
hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o
Kegiatan Inti
§ Menggali informasi mengenai pola hidup
sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa’ dari berbagai sumber belajar.
§ Membahas satu persatu kandungan Q.S.
Al-Qoshosh: 79-82, QS.Al-Isra’: 26-27, 29-30, QS. Al-Baqoroh:177, dengan tanya
jawab dan diskusi kelompok
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu
astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.
Pertemuan ke-3
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan pola
hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o
Kegiatan Inti
§ Memperhatikan ceramah para mubaligh melalui
media CD, Kaset dll
§ Secara berkelompok berdiskusi mengenai
perilaku orang yang berpola hidup sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa.
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat dan hadits
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu
astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.
Pertemuan ke-4
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan pola
hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o
Kegiatan Inti
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan masing
–masing ayat dari QS. Al-Qoshosh: 79-82;
QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177 dan hadits tentang hidup sederhana. dan
perintah menyantuni para dhu’afa
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu
astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.
G.
Sumber
Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka
Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Subyektif
–
Tugas Obyektif
Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman,
S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Genap
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
berkompetisi dalam kebaikan
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Mengartikan QS. Al Baqarah :148; QS. Faathir : 32
dan QS. An Nahl : 97
2.2 Menjelaskan
kandungan QS. Al Baqarah :148 ; QS. Faathir : 32 dan QS. An Nahl : 97
2.3 Menceritakan perilaku orang yang mengamalkan
QS. Al Baqarah:148; QS. Al Fatir : 32 dan QS. An Nahl : 97
2.4 Mengidentifikasi hikmah perilaku
berkompetisi dalam kebaikan
2.5 Menerapkan
perilaku berkompetisi dalam kebaikan. seperti terkandung dalam QS. Al
Baqarah :148, Al Fatir : 32 dan QS. An Nahl : 97
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Membaca, Menyebutkan makna mufradat dan
Mengartikan QS. Al- Al Baqarah :148, QS. Faathir : 32, QS. An Nahl : 97.
§ Menjelaskan kandungan QS. Al- Al Baqarah :148,
QS. Faathir : 32, QS. An Nahl : 97.
§ Menunjukkan perilaku dari QS. Al- Al Baqarah
:148, QS. Faathir : 32, QS. An Nahl : 97.
§ Melaksanakan hidup yang dinamis(berkembang), Mendorong
senantiasa bersemangat dalam amalan yang positif. Meyakini adanya balasan dari
setiap perbuatan yang baik. Mendorong berlomba- lomba dalam bersedekah, menuntut
ilmu. Meningkatkan keyakinan bahwa orang yang banyak berbuat kebaikan akan
mendapat karunia yang amat besar dan kehidupan yang lebih baik. Mendorong
mengubah perilaku dengan perbuatan yang lebih baik
§ Melakukan aktifitas yang baik didasari dengan
niat yang ikhlas. Memprakarsai untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi
masyarakat. Meningkatkan kualitas dalam ibadah.
Meyakini adanya balasan dari setiap perbuatan yang baik. Meningkatkan
kuantitas dalam dalam bersedekah.
Meningkatkan usaha untuk meraih keberhasilan dalam menuntut ilmu. Meyakini
bahwa orang yang banyak berbuat kebaikan akan mendapat karunia yang amat besar
dan kehidupan yang lebih baik. Mengubah perilaku dengan perbuatan yang lebih
baik
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Arti dari QS. Al Baqarah :148; QS.Faathir : 32
dan QS. An Nahl : 97
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Information
Search)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan amar
makruf nahi munkar
o
Kegiatan
§ Siswa dibagi dalam ke-lompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Tiap kelompok membaca ayat dan masing-masing
anak saling menyimak dan membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam
bacaannya.
§ Setiap kelompok mem-pelajari makna mufro-dat
dengan tanya jawab
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan berkompetisi dalam
kebaikan
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu
astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.
Pertemuan ke-2
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan amar
makruf nahi munkar
o
Kegiatan
§ Siswa dibagi dalam ke-lompok. Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Menggali informasi mengenai tafsir dari ayat
tentang berkompetisi dalam kebaikan dari
berbagai sumber belajar
§ Membahas satu persatu kandungan QS. al
Ba-qarah:148; QS. Al Fatir: 32 dan QS.
An Nahl : 97 dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil dis-kusi kelas setelah
masing-masing kelompok presintasi
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu
astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.
Pertemuan ke-3
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan amar
makruf nahi munkar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam ke-lompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Memperhatikan tayangan melalui sumber media
audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang
yang melaksanakan kebaikan..
§ Secara berkelompok berdiskusi mengenai
perilaku orang yang melakukan kegiatan berlomba untuk kebaikan
§ Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
mengenai contoh perilaku orang yang melakukan aktifitas untuk kebaikan
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu
astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.
Pertemuan ke-4
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan amar
makruf nahi munkar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi beberapa kelompok.
§ Menggali informasi dari beberapa sumer tentang
hikmah berkompetisi dalam kebaikan.
§ Secara berkelompok mendiskusikan hikmah
berkompetisi dalam kebaikan dari Q.S. Al-Qoshosh, Al-Isro’:26-27, 29-30,
Al-Baqoroh:177 dan hadits tentang berlomba-lomba dalam kebaikan
§ Mengambil kesimpulan hasil diskusi
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu
astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.
Pertemuan ke-5
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan amar
makruf nahi munkar
o
Kegiatan Inti
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan masing
–masing ayat dari
§ Q.S. Al-Qoshosh, Al-Isro’:26-27, 29-30,
Al-Baqoroh:177 dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni
kaum dhu’afa.
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai
§ Berlomba dalam kebaikan
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu
astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.
G.
Sumber
Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka
Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Qbyektif
–
Tes Subyektif
Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman,
S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Genap
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
3. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits
tentang amar maruf nahi munkar
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengartikan QS. Ali Imran : 104; QS
Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar
3.2 Menjelaskan kandungan QS. Ali Imran : 104 ;
QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3dan Haditstentang amar makruf nahi munkar
3.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamal-kan
QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang
amar makruf nahi munka
3.4 Melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar seperti
terkandung dalam QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shof :3 dan
Hadits tentang amar makruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Membaca, Menyebutkan makna mufradat dan
Mengartikan QS. Ali Imran: 104, QS
Al-Maidah :78-80, QS Ash-Shaff : 3 hadits
tentang amar makruf nahi munkar
§ Menjelaskan
kandungan QS. Ali Imran: 104, QS Al-Maidah :78-80, QS Ash-Shaff : 3 hadits tentang amar makruf nahi munkar
§ Menunjukkan perilaku orang seperti terkandung
dalam QS. Ali Imran: 104, QS Al-Maidah :78-80, QS Ash-Shaff : 3 hadits tentang amar makruf nahi munkar .
§ Amar makruf nahi munkar. Meyakini terwujudnya ancaman bagi orang yang meninggalkan amar makruf nahi munkar. Membuktikan
dengan sikap dan perbuatan atas segala
yang diucapkan agar tidak mendapat adzab Allah
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS
Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Information
Search)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan amar
makruf nahi munkar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi beberapa kelompok.
§ Tiap kelompok membaca ayat ,dan saling
menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam
bacaannya.
§ Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat
dengan tanya jawab.
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan amar makruf nahi munkar
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
Pertemuan
ke-2
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan amar
makruf nahi munkar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Menggali informasi mengenai penjelasan atau
tafsir dari ayat amar makruf nahi munkar dari
berbagai sumber belajar
§ Membahas
kandungan QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan
Hadits tentang amar makruf nahi munkar.
§ dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah
masing-masing kelompok presintasi
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
Pertemuan ke-3
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan amar
makruf nahi munkar
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing
kelompok 4 orang
§ Memperhatikan tayangan melalui sumber media
audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang
yang melaksanakan Amar makruf nahi munkar
§ Secara berkelompok berdiskusi mengenai
perilaku orang yang melakukan kegiatan amar makruf nahi munkar
§ Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
mengenai contoh perilaku orang yang melakukan aktifitas untuk kebaikan
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
Pertemuan ke-4
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan amar
makruf nahi munkar
o
Kegiatan Inti
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan QS. Ali
Imran : 104 ; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shof :3 dan Hadits tentang amar
makruf nahi munkar.
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai beramar makruf nahi munkar
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
diskusi mengenai
§ Beramar makruf nahi munkar
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G.
Sumber
Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka
Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Qbyektif
–
Tugas Individu
Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman,
S.PdI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran :
Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI /
Genap
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A.
Standar
Kompetensi:
4. Memahami ayat al-Qur’an dan hadits
tentang ujian dan cobaan
B.
Kompetensi Dasar
4.1 Mengartikan QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits
tentang ujian dan cobaan
4.2 Menjelaskan kandungan QS. Al-Baqarah: 155
dan hadits tentang ujian dan cobaan
4.3 Menunjukkan perilaku orang yang tabah dan
sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan sebagaimana terkandung dalam QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian
dan cobaan
4.4 Menerapkan perilaku tabah dan sabar dalam
menghadapi ujian dan cobaan seperti yang terkandung dalam QS. Al-Baqarah: 155
dan hadits tentang ujian dan cobaan
C.
Indikator
Keberhasilan Belajar :
§ Membaca,
Menyebutkan makna mufradat dan Mengartikan QS. Al-aqarah: 155. Hadits.
tentang ujian dan cobaan.
§ Menjelaskan kandungan dalam QS. Al-Baqarah:
155 dan Hadits. tentang ujian dan cobaan
§ Menunjukkan perilaku orang yang sabar dalam
menghadapi bebberapa ujian seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah: 155 dan
Menunjukkan perilaku orang yang tabah dan tahan uji seperti terkandung dalam
hadits tentang bujian dan cobaan
§ Meningkatkan pendekatan diri kepada Allah,
Membiasakan bersifat sabar, Memiliki sikap optimis dan hati yang lapang pada
saat mendapat ujian sakit dan lapar, Berakhlak mulia, membaca al-Qur’an dan
dzikir untuk, dan Berusaha untuk memperoleh hikmah dari setiap permasalahan
D.
Materi
Pembelajaran :
§ QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian
dan cobaan
E.
Metode
Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Information
Search)
§ Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi;
Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi
F.
Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan
ke-1
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian
dan cobaan
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok.
§ Tiap kelompok mem-baca ayat, dan masing-masing
saling menyi-mak dan membetulkan bacaan apabila adayang kurang tepat dalam
bacaannya.
§ Setiap kelompok mem-pelajari makna mufro-dat
dengan tanya jawab
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak dan
mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan ujian dan cobaan
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
Pertemuan ke-2
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian
dan cobaan
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam beberpa kelompok.
§ Menggali informasi mengenai penjelasan atau
tafsir dari ayat tentang ujian dan cobaan dari
berbagai sumber belajar.
§ Membahas
kandungan ayat dan hadits
dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan hasil diskusi
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
Pertemuan ke-3
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian
dan cobaan
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi dalam kelompok, per kelom-poknya
4 orang
§ Memperhatikan ta-yangan melalui sumber media
audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang
yang melaksanakan kebaikan
§ Secara berkelompok berdiskusi mengenai
perilaku orang yang melakukan kegiatan untuk kebaikan
§ Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
mengenai contoh perilaku orang yang melakukan aktifitas untuk kebaikan
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum
Pertemuan ke-4
o
Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca
beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai
siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian
dan cobaan
o
Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi
bagaimana menerapkan kandungan QS.
al-Ba-qarah:155 dan hadits tentang ujian dan cobaan
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan
berdiskusi mengenai ujian dan cobaan
o
Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya.
§ Guru memberikan tugas
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G.
Sumber
Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka
Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H.
Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
–
Tes Tulis
–
Tugas
§ Bentuk instrumen
–
Tes Qbyektif
–
Tugas Individu
Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin
Syaifudin, ST
|
|
Guru Mata Pelajaran
Syakhaman,
S.PdI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar