Senin, 14 September 2015

RPP AL-QUR'AN HADIS K-13 KELAS XI SEMESTER GENAP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Genap
Alokasi Waktu                          : 4 X 2 jam pelajaran

A.      Standar Kompetensi:
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa .

B.      Kompetensi  Dasar
1.1      Mengartikan QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa
1.2   Menjelaskan kandungan QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa
1.3   Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang meng-amalkan QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa
1.4   Menerapkan perilaku sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Membaca, Menyebutkan makna mufradat dan Mengartikan  QS. Al-Qoshosh: 79-82. QS. Al-Isro’: 26-27,  QS. Al-Isro’: 29-30, QS. Al-Baqarah: 177, Hadits. tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
§  Menjelaskan kandungan QS. Al-Qoshosh: 79-82. QS. Al-Isro’: 26-27,  QS. Al-Isro’: 29-30, QS. Al-Baqarah: 177, hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa’ dan asbabun nuzul dari QS Al-Isra’:26, QS Al-aqarah:177
§  Menunjukkan perilaku dari QS. Al-Qoshosh: 79-82. QS. Al-Isro’: 26-27,  QS. Al-Isro’: 29-30, QS. Al-Baqarah: 177, Hadits. tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
§  Menampilkan sikap yang rendah hati , bijaksana, sabar.menyantuni kerabat, orang miskin dan ibnu sabil,  sederhana, Berakhlak mulia,  menyantuni kaum dhuafa’, dan memprakarsai kegiatan-kegiatan sosial untuk membantu kaum dhu’afa

D.      Materi Pembelajaran :
§  QS. Al-Qoshosh: 79-82,
§  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30
§  QS. Al Baqarah : 177
§   Hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Information Search)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o   Kegiatan Inti
§  Membaca ayat dan hadits tentang Pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa.
§  Tanya jawab makna mufrodat secara acak.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat dan hadits yang terkait dengan pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa’

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

Pertemuan ke-2
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o   Kegiatan Inti
§  Menggali informasi mengenai pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa’ dari  berbagai sumber belajar.
§  Membahas satu persatu kandungan Q.S. Al-Qoshosh: 79-82, QS.Al-Isra’: 26-27, 29-30, QS. Al-Baqoroh:177, dengan tanya jawab dan diskusi kelompok

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

Pertemuan ke-3
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o   Kegiatan Inti
§  Memperhatikan ceramah para mubaligh melalui media CD, Kaset dll
§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang berpola hidup sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa.
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat dan hadits

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.





Pertemuan ke-4
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
o   Kegiatan Inti
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat tentang  perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Obyektif


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Genap
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran


A.      Standar Kompetensi:
2.        Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang berkompetisi dalam kebaikan

B.      Kompetensi  Dasar
2.1      Mengartikan  QS. Al Baqarah :148; QS. Faathir : 32 dan  QS. An Nahl : 97
2.2   Menjelaskan  kandungan QS. Al Baqarah :148 ; QS. Faathir : 32 dan QS. An Nahl : 97
2.3   Menceritakan perilaku orang yang mengamalkan QS. Al Baqarah:148; QS. Al Fatir : 32 dan QS. An Nahl : 97
2.4   Mengidentifikasi hikmah perilaku berkompetisi dalam kebaikan
2.5   Menerapkan  perilaku berkompetisi dalam kebaikan. seperti terkandung dalam QS. Al Baqarah :148, Al Fatir : 32 dan QS. An Nahl : 97

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Membaca, Menyebutkan makna mufradat dan Mengartikan QS. Al- Al Baqarah :148, QS. Faathir : 32, QS. An Nahl : 97.
§  Menjelaskan kandungan QS. Al- Al Baqarah :148, QS. Faathir : 32, QS. An Nahl : 97.
§  Menunjukkan perilaku dari QS. Al- Al Baqarah :148, QS. Faathir : 32, QS. An Nahl : 97.
§  Melaksanakan hidup yang dinamis(berkembang), Mendorong senantiasa bersemangat dalam amalan yang positif. Meyakini adanya balasan dari setiap perbuatan yang baik. Mendorong berlomba- lomba dalam bersedekah, menuntut ilmu. Meningkatkan keyakinan bahwa orang yang banyak berbuat kebaikan akan mendapat karunia yang amat besar dan kehidupan yang lebih baik. Mendorong mengubah perilaku dengan perbuatan yang lebih baik
§  Melakukan aktifitas yang baik didasari dengan niat yang ikhlas. Memprakarsai untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Meningkatkan kualitas dalam ibadah.  Meyakini adanya balasan dari setiap perbuatan yang baik. Meningkatkan kuantitas dalam  dalam bersedekah. Meningkatkan usaha untuk meraih keberhasilan dalam menuntut ilmu. Meyakini bahwa orang yang banyak berbuat kebaikan akan mendapat karunia yang amat besar dan kehidupan yang lebih baik. Mengubah perilaku dengan perbuatan yang lebih baik

D.      Materi Pembelajaran :
§  Arti dari QS. Al Baqarah :148; QS.Faathir : 32 dan  QS. An Nahl : 97

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Information Search)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar



o   Kegiatan
§  Siswa dibagi dalam ke-lompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Tiap kelompok membaca ayat dan masing-masing anak saling menyimak dan membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
§  Setiap kelompok mem-pelajari makna mufro-dat dengan tanya jawab
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  yang terkait dengan berkompetisi dalam kebaikan

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

Pertemuan ke-2
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan
§  Siswa dibagi dalam ke-lompok. Masing-masing kelompok 4 orang
§  Menggali informasi mengenai tafsir dari ayat tentang berkompetisi dalam kebaikan dari  berbagai sumber belajar
§  Membahas satu persatu kandungan QS. al Ba-qarah:148; QS. Al Fatir: 32 dan  QS. An Nahl : 97 dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil dis-kusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

Pertemuan ke-3
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam ke-lompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang melaksanakan kebaikan..
§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang melakukan kegiatan berlomba untuk kebaikan
§  Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh perilaku orang yang melakukan aktifitas untuk kebaikan



o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

Pertemuan ke-4
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi beberapa kelompok.
§  Menggali informasi dari beberapa sumer tentang hikmah berkompetisi dalam kebaikan.
§  Secara berkelompok mendiskusikan hikmah berkompetisi dalam kebaikan dari Q.S. Al-Qoshosh, Al-Isro’:26-27, 29-30, Al-Baqoroh:177 dan hadits tentang berlomba-lomba dalam kebaikan
§  Mengambil kesimpulan hasil diskusi

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.

Pertemuan ke-5
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan Inti
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari
§  Q.S. Al-Qoshosh, Al-Isro’:26-27, 29-30, Al-Baqoroh:177 dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa.
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai
§  Berlomba dalam kebaikan

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu astaghfirullah raabal baraayaa … 3x secara khidmat.






G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Qbyektif
     Tes Subyektif


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Genap
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran

A.      Standar Kompetensi:
3.        Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang amar maruf nahi munkar

B.      Kompetensi  Dasar
3.1      Mengartikan QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar
3.2   Menjelaskan kandungan QS. Ali Imran : 104 ; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3dan Haditstentang amar makruf nahi munkar
3.3   Menunjukkan perilaku orang yang mengamal-kan QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munka
3.4   Melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar seperti terkandung dalam QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shof :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Membaca, Menyebutkan makna mufradat dan Mengartikan  QS. Ali Imran: 104, QS Al-Maidah :78-80, QS Ash-Shaff  : 3 hadits tentang amar makruf nahi munkar
§   Menjelaskan kandungan QS. Ali Imran: 104, QS Al-Maidah :78-80, QS Ash-Shaff : 3  hadits tentang amar makruf nahi munkar
§  Menunjukkan perilaku orang seperti terkandung dalam QS. Ali Imran: 104, QS Al-Maidah :78-80, QS Ash-Shaff  : 3 hadits tentang amar makruf nahi munkar .
§  Amar  makruf nahi munkar. Meyakini  terwujudnya ancaman bagi orang  yang meninggalkan amar makruf nahi munkar. Membuktikan dengan  sikap dan perbuatan atas segala yang diucapkan agar tidak mendapat adzab Allah

D.      Materi Pembelajaran :
§  QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Information Search)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi beberapa kelompok.
§  Tiap kelompok membaca ayat ,dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada yang kurang tepat dalam bacaannya.
§  Setiap kelompok mempelajari makna mufrodat dengan tanya jawab.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  yang terkait dengan amar makruf nahi munkar

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

Pertemuan ke-2
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat amar makruf nahi munkar dari  berbagai sumber belajar
§  Membahas  kandungan QS. Ali Imran : 104; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shaff :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar.
§  dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelas setelah masing-masing kelompok presintasi

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

Pertemuan ke-3
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.Masing-masing kelompok 4 orang
§  Memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang melaksanakan Amar makruf nahi munkar
§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang melakukan kegiatan amar makruf nahi munkar
§  Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh perilaku orang yang melakukan aktifitas untuk kebaikan

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.





Pertemuan ke-4
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan Inti
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan QS. Ali Imran : 104 ; QS Al-Maidah: 78-80; QS Ash-Shof :3 dan Hadits tentang amar makruf nahi munkar.
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai beramar makruf nahi munkar
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai
§  Beramar makruf nahi munkar

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Qbyektif
     Tugas Individu


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  :  MA Al-amin Dompu
Mata Pelajaran                         :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester                       :  XI / Genap
Alokasi Waktu                          :   2 jam pelajaran


A.      Standar Kompetensi:
4.        Memahami ayat al-Qur’an dan hadits tentang ujian dan cobaan

B.      Kompetensi  Dasar
4.1      Mengartikan QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan
4.2   Menjelaskan kandungan QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan
4.3   Menunjukkan perilaku orang yang tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan sebagaimana terkandung dalam  QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan
4.4   Menerapkan perilaku tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan seperti yang terkandung dalam QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan

C.      Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Membaca,  Menyebutkan makna mufradat dan Mengartikan QS. Al-aqarah: 155. Hadits. tentang ujian dan cobaan.
§  Menjelaskan kandungan dalam QS. Al-Baqarah: 155 dan Hadits. tentang ujian dan cobaan
§  Menunjukkan perilaku orang yang sabar dalam menghadapi bebberapa ujian seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah: 155 dan Menunjukkan perilaku orang yang tabah dan tahan uji seperti terkandung dalam hadits tentang bujian dan cobaan
§  Meningkatkan pendekatan diri kepada Allah, Membiasakan bersifat sabar, Memiliki sikap optimis dan hati yang lapang pada saat mendapat ujian sakit dan lapar, Berakhlak mulia, membaca al-Qur’an dan dzikir untuk, dan Berusaha untuk memperoleh hikmah dari setiap permasalahan

D.      Materi Pembelajaran :
§  QS. Al-Baqarah: 155 dan hadits tentang ujian dan cobaan

E.       Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Information Search)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi

F.       Langkah Pembelajaran :

Pertemuan ke-1
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian dan cobaan

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok.
§  Tiap kelompok mem-baca ayat, dan masing-masing saling menyi-mak dan membetulkan bacaan apabila adayang kurang tepat dalam bacaannya.
§  Setiap kelompok mem-pelajari makna mufro-dat dengan tanya jawab
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak dan mengevaluasi untuk mengartikan masing-masing ayat  yang terkait dengan ujian dan cobaan
o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

Pertemuan ke-2
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian dan cobaan

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam beberpa kelompok.
§  Menggali informasi mengenai penjelasan atau tafsir dari ayat tentang ujian dan cobaan dari  berbagai sumber belajar.
§  Membahas  kandungan ayat dan hadits      dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan hasil diskusi

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

Pertemuan ke-3
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian dan cobaan

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi dalam kelompok, per kelom-poknya 4 orang
§  Memperhatikan ta-yangan melalui sumber media audio visual atau peristiwa di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang melaksanakan kebaikan
§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang melakukan kegiatan untuk kebaikan
§  Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai contoh perilaku orang yang melakukan aktifitas untuk kebaikan

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum

Pertemuan ke-4
o   Pendahuluan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat  Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan ujian dan cobaan


o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan QS. al-Ba-qarah:155 dan hadits tentang ujian dan cobaan
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan berdiskusi mengenai ujian dan cobaan

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru memberikan tugas
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

G.     Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.     Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Qbyektif
     Tugas Individu


Mengetahui,
Kepala MA Al-Amin


Syaifudin, ST

Guru Mata Pelajaran



Syakhaman, S.PdI







Tidak ada komentar:

Posting Komentar